Android Bootloop ? Ini Cara Mengatasinya !

Android bootloop merupakan permasalahan dimana system hp android sobat tidak dapat melakukan proses booting atau start-up sehingga sobat tidak dapat masuk ke menu utama dan hanya berhenti pada logo samsung atau logo lainnya. Ada 3 kasus bootloop android yaitu Light Bootloop, Medium Bootloop dan Hard Bootloop.

cara mengatasi android bootloop

Android bootloop yang terjadi pada smartphone biasanya disebabkan oleh beberapa hal seperti kegagalan system, akibat kesalahan pada saat proses rooting hh sobat. Entah itu kesalahan merubah boot animation, merubah font yang tidak cocok, merubah file system Ui dan yang lainnya.

Jika sobat gagal masuk ke menu handphone dan hanya terhenti pada logo, itu berarti android Bootloop yang telah terjadi. Jika hal itu terjadi jangan panik dulu karena disini studiblogger akan jelaskan cara mengatasi bootloop pada android tanpa flashing.

Android Bootlop (Light)
Permasalahan ini terjadi biasanya karena sobat mengutak-atik sistem utama dan tidak menggunakan Recovery Mode, dan efek dari android bootloop jenis light ini hanya bersifat sementara seperti layar menjadi blank.
Cara Mengatasi : Silahkan restart handphone sobat terlebih dahulu, jikalau masih terdapat keanehan silahkan lakukan power off dan cabut baterainya lalu pasang dan nyalakan lagi.

Android Bootloop (Medium)
Hal ini sering terjadi karena sobat mencoba masuk menuju system Recovery Mode dan meng-install script yang tidak jelas asal-usulnya.
Cara Mengatasi : Sebaiknya sebelum mengutak-atik apapun yang terdapat didalam Recovery Mode sebaiknya lakukan backup sehingga nanti bisa direstore jika terjadi masalah.

Android Bootloop (Hard)
Masalah ini adalah yang paling parah, dimana sobat tidak akan bisa masuk kedalam menu handphone dan hanya stuck pada logo dan kemudian restart berulang kali.
Cara Mengatasi : Silahkan lakukan Factory Reset, jika sobat ragu-ragu silahkan bawa ke service center.

Jika terjadi permasalahan pada smartphone android sobat jangan langsung buru-buru dibawa ke service, cari tahu dulu masalahnya di google atau bertanya pada teman baru kemudian bertindak.

Sekian tulisan dari studiblogger, semoga cara mengatasi hp android bootloop bermanfaat bagi sobat yang membutuhkannya. Silahkan share atau like jika kalian suka dengan tulisan ini. Terima Kasih...

0 Response to "Android Bootloop ? Ini Cara Mengatasinya !"

Posting Komentar