Halo Sobat studiblogger, pada artikel kali ini saya akan memberikan tutorial Cara Menyelesaikan Rubik 3x3 dengan Cepat dan Mudah. Bagi Anda yang baru bermain rubik mungkin menyelesaikannya terasa sulit, tapi jika kita tahu step-stepnya dan terus berlatih, maka akan terasa sangat mudah sekali. Silahkan Anda simak dan praktekkan step-step berikut ini.
Pendahuluan
Untuk memudahkan Anda dalam menyelesaikan rubik 3x3, silahkan simak terlebih dahulu gambar berikut.
Keterangan :- R : memutar layer kanan mengikuti arah jarum (putaran 90 derajat)
- L : memutar layer kiri mengikuti arah jarum (putaran 90 derajat)
- U : memutar layer atas mengikuti arah jarum (putaran 90 derajat)
- F : memutar layer depan mengikuti arah jarum (putaran 90 derajat)
- ' (aksen) : tanda aksen, memutar layer berlawanan arah jarum jam. Contoh : R', berarti layer sebelah kanan diputar 90 derajat berlawanan arah jarum jam
- 2 : tanda 2, memutar layer 90 derajat X 2 = 180 derajat. Contoh : R2, berarti layer kanan diputar sebanyak 180 derajat.
Step 1, Membentuk Cross Putih
Step pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat Cross Putih dengan Center Kuning, seperti gambar berikut
Kemudian samakan warna pada sisi kaki tersebut. Misal sisi kaki berwarna hijau maka samakan/orientasikan warna sisi hijau tersebut dengan center berwarna merah, lalu putar 2 kali menuju center putih. Maka jadinya akan sama seperti gambar berikut.
Step 2, Menyelesaikan Layer Pertama
Setelah Anda berhasil membentuk cross putih, step selanjutnya adalah menyelesaikan layer pertama. Letakkan cross putih dibawah, kemudian cari 4 corner (sudut) yang berwarna putih. Berikut kondisi yang sering terjadi dan rumus yang bisa Anda gunakan.
F’ U’ F |
R U R’ |
(R U’ R’) U2 (R U R’) |
R U R’ U’ R U R’ |
Step 3, Menyelesaikan Layer Kedua
Setelah Anda berhasil menyelesaikan layer pertama, selanjutnya saya akan memberikan rumus untuk menyelesaikan layer kedua. Perhatikan gambar dan rumus berikut :
U R U’ R’ U’ F’ U F |
U’ L’ U L U F U’ F’ |
Jika Anda menemukan contoh kasus seperti gambar dibawah ini :
Contoh Kasus |
Maka gunakan rumus U,R,U’,R’,U’,F’,U,F , jika kasusnya berada disebelah kiri maka gunakan rumus U’,L’,U,L,U,F,U’,F’.
Step 4, Membuat Cross Sisi Atas
Step berikutnya adalah membuat tanda silang (cross) pada sisi bagian atas seperti gambar di atas, disini skema warna yang digunakan adalah kuning. Berikut ada tiga kondisi dan dua rumus yang bisa Anda gunakan.
Kasus 1: Dua edge yang berseberangan sudah jadi (Bentuk Garis) |
|
(F R U) (R’ U’ F’) | |
Kasus 2: Dua edge yang bersebelahan sudah jadi (Bentuk Jam 9) |
|
(F U R) (U’ R’ F’) | |
Kasus 3: Belum ada edge yang jadi | |
Lakukan algoritma Kasus 1, kemudian putar U2 (layer atas dua kali/180 derajat), lanjutkan dengan algoritma Kasus 2. |
Step 5, Mengorientasikan Corner di Layer Atas
Perhatikan arah stiker kuning di layer atas, kemudian posisikan rubik sesuai pola-pola pada tabel dibawah, kemudian jalankan rumus :
R U R’ U R U2 R’
|
Jika semua stiker belum terorientasi atau layer pada bagian atas belum kuning
seluruhnya, paskan posisinya lagi dengan mengacu pola di bawah lalu jalankan lagi rumus yang tadi. Mungkin Anda perlu berulang-ulang dalam menjalankan rumus tersebut sebelum warna kuning terbentuk dengan sempurna.
Kasus 1: Tidak ada stiker kuning yang menghadap atas (Bentuk Cross) |
|
Pegang cube dengan satu stiker kuning di corner kiri-atas-depan (LFU) menghadap ke kiri. | |
Kasus 2: Satu stiker kuning menghadap atas (Bentuk Ikan) |
|
Letakkan posisi stiker kuning yang sudah ter-orientasi di kiri-atas-depan | |
Kasus 3: Dua stiker kuning yang sudah jadi | |
Apabila ada dua corner yang sudah ter-orientasi, pegang cube dengan stiker kuning di atas-kiri-depan menghadap ke depan |
Step 6, Menempatkan Corner Layer Terakhir ke Posisi yang Benar (Permute Corners)
Step ini bertujuan untuk memposisi kan corner pada layer ketiga
pada corner telah sesuai dengan warna akhir
dari rubik, seperti gambar di samping.
Urutan langkah yang harus Anda jalankan:
a. Periksalah apakah terdapat sepasang stiker yang berwarna sama pada satu sisi, seperti gambar di bawah.
Kalau ada, arahkan kesisi depan (menghadap Anda) kemudian jalankan rumus di bawah ini.
x‘ (R U’ R) D2 (R’ U R) D2 R2 x
|
b. Bila Anda tidak mendapatkan pola seperti diatas, maka lakukanlah rumus seperti di atas dari posisi manapun.
c. Periksa lagi apakah masih ada pola headlights, jika ada posisikan headlights di depan dan lakukan lagi rumus tadi.
Step 7, Menempatkan Edge Layer Terakhir ke Posisi yang Benar (Permute Edges)
Akhirnya kita sampai pada step terakhir… akan terdapat tiga atau empat edge pada layer terakhir yang belum selesai.
Jika Anda mendapatkan kondisi satu edge solved dan tiga edge yang belum solved,
maka Anda perhatikan terlebih dahulu arah pertukarannya. Untuk arah pertukaran ketiga edge
tersebut, bisa searah dengan jarum jam (Clock Wise), bisa juga berlawanan dengan arah
jarum jam (Counter Clock Wise). Cara menyelesaikannya adalah sebagai
berikut.
Rumus:
F2 U L R’ F2 L’ R U F2
|
b. Pertukaran edge berlawanan arah jarum jam (CCW)
Rumus:
F2 U’ L R’ F2 L’ R U’ F2
|
Pastikan bahwa perbedaan kedua rumus tersebut hanya pada gerakan U dan U’, untuk memutar edge searah dengan jarum jam (kasus a) Anda putar layer U searah jarum jam juga. Demikian juga sebaliknya. Gerakan yang digaris-bawahi (misal L R’) artinya gerakan tersebut merupakan satu kelompok, bila layer L bergerak ke bawah maka diikuti oleh R’, dan sebaliknya.
Apabila kondisi yang ditemukan adalah keempat edge belum
solved, maka lakukan salah satu dari dua algoritma di atas dan kamu akan
mendapatkan salah satu dari dua kondisi tersebut. Lalu lakukan sekali
lagi algoritmanya.
SOLVED!!
Demikian tutorial Cara Menyelesaikan Rubik 3x3 dengan Cepat dan Mudah, semoga bermanfaat bagi Anda.
Nice
BalasHapusgua dulu bisa :D sekarang malah lupa :(
BalasHapusThnx gan sgt membntu ..maaf numpang promosi http://colayclans21.blogspot.co.id/2016/06/cara-menyelesaikan-rubik-3x3-untuk_28.html?m=1
BalasHapusSmoga mmbantu juga :)
thnx gan sgt membantu,,ditunggu kunjungan baliknya di http://colayclans21.blogspot.co.id/2016/06/cara-menyelesaikan-rubik-3x3-untuk_28.html
BalasHapus