Pengertian Android, Apa Itu Android ? Android adalah

Hello pembaca StudiBlogger.com yang terhormat, kali ini saya ingin berbagi mengenai pengertian android. Apa itu android ?
Kata android sepertinya sudah tidak asing lagi terdengar di telinga kita. Dewasa ini banyak sekali smartphone dan gadget lainnya menggunakan sistem operasi ini, bahkan mungkin pembaca sekalian membuka blog ini menggunakan  smartphone atau gadget yang memiliki OS android.


Pengertian Android

Android adalah sistem operasi yang digunakan pada smartphone dan gadget lainnya, dimana OS ini berbasis pada Linux. Karena berbasis pada linux, OS ini juga merupakan sumber terbuka (open source) dan Google merilis code-nya dibawah naungan Lisensi Apache.

Sejarah Android


Awal

Android, Inc. didirikan di Palo Alto (California) pada Oktober 2003 oleh Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears, dan Chris White. Tujuan awal pengembangan Android adalah untuk mengembangkan sebuah sistem operasi canggih pada kamera digital. Karena pangsa pasarnya tidak begitu besar, pengembangan akhirnya dialihkan pada smartphone agar dapat menyaingi symbian dan windows mobile.

Saat Release

HP pertama yang menggunakan OS android yaitu HTC Dream, yang diluncurkan pada 22 Oktober 2008.
Setiap versi yang dirilis dinamakan atau diurutkan secara abjad berdasarkan nama-nama cemilan bergula. Contoh : Android 1.5 dengan nama Cupcake kemudian disusul dengan Android 1.6 dengan nama Donut.


Kelebihan Android


Open Source

Android merupakan OS dengan sumber terbuka (open source), sehingga memungkinkan para penggunanya untuk memodifikasi bahkan bisa mengembangkan aplikasi sendiri.

Multitasking

OS Android ini mampu menjalankan beberapa aplikasi sekaligus. Misal, memutar musik sambil browsing. Tetapi ini juga tergantung dari spesifikasi dari hardware yang terpasang, seperti CPU, kapasitas RAM, dan hardware yang terpasang lainnya.

Tampilan

Jika dilihat dari tampilan, saya pribadi sangat menyukai tampilan OS Android ini. Tampilan yang begitu elegan sehingga tidak mudah bosan.

Aplikasi

Aplikasi pada OS Android ini juga sangat banyak tersedia, mulai dari yang gratis sampai yang berbayar mahal. 


Demikian ulasan singkat saya mengenai Pengertian Android, mudah-mudahan bisa bermanfaat buat para pembaca sekalian. Mohon maaf jika ulasan saya agak berantakan, karena saya juga masih dalam proses belajar.
Jika ada kritik atau saran mengenai ulasan saya ini dengan senang hati akan saya tampung melalui kolom komentar dibawah. hehehe...
terima kasih

2 Responses to "Pengertian Android, Apa Itu Android ? Android adalah"

  1. terima kasih artikel penjelasannya mengenai android.. membantu banget nih..

    BalasHapus