Berbagai Cara Tes Kecepatan Internet Sebenarnya

tes kecepatan internet

Dizaman sekarang internet sudah menjadi bagian dari hidup kita, disetiap rumah sudah banyak yang berlangganan internet. Banyak orang yang mengakses internet untuk berbagai keperluan seperti browsing, download film, video, software dan keperluan lainnya. Sobat pun bisa sampai dihalaman ini juga karena internet kan? Hehe...

Ada contoh kasus yang menunjukkan bahwa koneksi internet yang sobat gunakan terhubung dan sinyalnya juga ada, tetapi ketika melakukan browsing atau download ternyata koneksinya sangat lemot. Tentu hal seperti ini akan mengganggu kenyamanan atau bahkan membuat sobat menjadi merasa kesal bukan ?

Oleh sebab itu, melakukan tes kecepatan internet yang kita gunakan merupakan hal yang cukup penting untuk dilakukan, hal tersebut bertujuan untuk mengukur seberapa lama waktu yang sobat butuhkan jika ingin men-download film misalnya yang notaben memiliki ukuran lebih dari 500MB.

Kecepatan internet yang ditawarkan oleh ISP beragam, untuk itu kita mesti jeli memilih ISP mana yang menyediakan akses internet Tercepat. Namun masih banyak pengguna yang salah kaprah dalam mengartikan paket internet yang diberikan oleh ISP. Misalnya ketika ingin berlangganan Paket Internet Speedy, sobat akan ditawarkan kecepatan internet mulai dari 386Kbps, 512Kbps, 1Mbps bahkan lebih. Banyak orang yang menyangka jika kita menggunakan internet dengan speed 386Kbps maka ketika mendownload dengan IDM kecepatan download yang terlihat juga sama seperti yang diberikan, sebenarnya itu salah.

Nah, Berikut studiblogger akan memberikan berbagai tips cara melakukan tes kecepatan internet yang sebenarnya.

Baca juga :
Cara Mempercepat Koneksi Internet Telkomsel di Android

Tes Kecepatan Internet Melalui Website

  • Speed.io
Speed.io merupakan website untuk melakukan tes kecepatan internet yang sobat gunakan saat ini. Menurut saya webtool ini sangat powerfull dalam melakukan tes kecepatan internet kapan dan dimanapun sobat berada.

  • SpeedTest
Website yang satu ini menggunakan apllet berbasis flash dalam melakukan tes kecepatan internet, namun website ini tetap ringan dan memberikan hasil yang cukup akurat. Selain itu web ini juga akan memberikan informasi mengenai IP yang sobat gunakan.

  • Dslreports
Website yang telah berdiri sejak juni 1999 ini mampu melakukan tes kecepatan internet melalui perangkat apapun. Disini sobat dapat mengetahui info mengenai kecepatan download dan upload melalui server yang terdekat.

  • BandWidthPlace
Website berbasis HTML5 ini merupakan satu dari sekian web gratis terbaik yang dapat sobat pergunakan untuk melakukan tes kecepatan internet. Disini sobat dapat menentukan lokasi serta server tertentu untuk mengetahui kecepatan internet, apakah terpengaruh oleh jarak atau tidak.

  • TestMySpeed
Untuk melakukan tes melalui web ini sangat simpel, sobat tinggal meng-klik Start SpeedTest maka beberapa saat web ini akan menampilkan info kecepatan internet sobat.
Link Website : www.testmyspeed.com


Tes Kecepatan Internet Melalui Command Prompt di Windows

Ada cara sederhana untuk melakukan tes kecepatan internet jika sobat menggunakan windows, yaitu melalui command prompt. Untuk caranya silahkan sobat ikuti petunjuk berikut :
  • Buka command prompt melalui RUN dengan cara menekan tombol Windows+R, kemudian ketik cmd dikotak run tersebut.
  • Setelah command prompt terbuka, ketik ping 8.8.8.8 -t.
  • Setelah command ini dijalankan, windows akan melakukan fungsi ping ke jaringan internet sobat.
Keterangan :
  • Semakin kecil nilai time itu berarti koneksi internet bagus/cepat. Sebaliknya, jika nilainya makin membesar itu berarti koneksi sedang lambat.
  • Jika command prompt tampil tulisan Request Time Out, itu berarti koneksi internet sobat terputus.

Bagaimana sobat, Mudahkan !!!
Silahkan ikuti cara tes kecepatan internet diatas untuk mengetahui kecepatan internet yang sobat miliki. Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat bagi sobat yang sedang mencari cara tes kecepatan internet. Jika sobat punya cara yang lebih baik, studiblogger akan menerima masukan dari kalian semua. Sekian dari studiblogger, terima kasih telah berkunjung.

0 Response to "Berbagai Cara Tes Kecepatan Internet Sebenarnya"

Posting Komentar