5 Super Komputer Yang Mengubah Dunia

Tidak dapat dielakkan lagi bahwa komputer sudah banyak mengubah gaya hidup manusia. Bahkan di antaranya ada yang telah memberikan kontribusi besar tersebut untuk kehidupan umat manusia.

Super komputer ini berbeda dengan komputer biasa dan lebih unggul dalam hal perhitungan yang rumit. Selain itu super komputer ini juga mampu melakukan tugas secara paralel dan detil.

Berikut ini adalah 5 super komputer yang telah mengubah dunia.

Harwell Dekatron (1951)

Komputer ini mempunyai tinggi 2 meter dan lebar 6 meter serta berat 2,5 ton. komputer yang mendapat julukan "penyihir" ini dirancang dan dibangun pada tahun 1941 namun baru digunakan pada tahun 1951.
Harwell Dekatron ini awalnya digunakan untuk melakukan perhitungan secara rutin, 6 tahun setelah itu Harwell Dekatron digantikan oleh komputer yang lebih canggih.
Pada November 2012,  Harwell Dekatron diaktifkan kembali setelah proyek restorasi selama tiga tahun.


Deep Blue (1996)


Deep Blue merupakan komputer catur yang dibuat oleh IBM (International Business Machines). Pada tanggal 10 februari 1996 Deep Blue mampu mengalahkan Garry Kasparov seorang grandmaster catur dunia. Satu tahun kemudian IBM Deep Blue kembali menantang Garry Kasparov pada tahun 1997. Pertandingan tersebut dimenangkan oleh IBM Deep Blue dengan skor 3,5 - 2,5 dan sekaligus mencatat sejarah sebagai komputer pertama yang mengalahkan sang juara bertahan. IBM saat ini dipajang di Museum Nasional Sejarah Amerika.

Cray-1 (1976)
Cray-1 merupakan super komputer yang didesain, dibangun, dan dipasarkan oleh Cray Research. Sistem Cray-1 yang pertama diinstall di Laboratorium Nasional Los Alamos pada tahun 1976, yang kemudian menjadi superkomputer palin terkenal dan tersukses dalam sejarah.

Colossus (1943)

Colossus didesain oleh Tommy Flowers di Stasiun Penelitian Kantor Pos Britania, Dollis Hill. Colossus adalah komputer elektronik digital pertama yang dapat diprogram (namun tidak sepenuhnya). Pada Perang Dunia II, Colossus digunakan untuk membantu memecahkan kode dari mesin Nazi Lorenz SZ 40/42, yang diberi nama kode "Tunny" oleh pihak Britania.


Watson (2011)  
Watson merupakan super komputer yang dibuat oleh IBM yang diinstall dengan aplikasi DeepQA. DeepQA adalah program komputer yang dirancang untuk mengenali bahasa manusia dan ditanamkan kecerdasan buatan. Watson diciptakan untuk bersaing dengan game show terkenal di AS, yaitu Jeopardy. Untuk kedepannya sistem ini akan dikembangkan ke sesuatu yang lebih berguna seperti dalam medis untuk menganalisa penyakit dan lain sebagainya.


Sumber :
http://www.crn.com.au/Tools/Print.aspx?CIID=323641
http://id.wikipedia.org/ 

0 Response to "5 Super Komputer Yang Mengubah Dunia"

Posting Komentar